Free Translation

Tuesday, March 23, 2010

Apa itu SEO


Sebelumnya bukan maksud saya untuk mau jadi sok pintar akan masalah SEO atau ingin menyaingi artikel lain yang membahas SEO. Sepertinya kita sebagai seorang blogger atau juga pemilik web tidak luput untuk harus menggaulinya, hehehe... Setidaknya ini bisa menambah pengetahuan bagi yang masih belum tahu apa itu SEO dan ingin mempelajarinya.

SEO (Search Engine Optimization) kalau diterjemahkan optimasi mesin pencari adalah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kuantitas trafik pengunjung dari mesin pencari dengan memasukkan suatu kata kunci yang akhirnya menuju ke situs tertentu.
Tujuan dari SEO adalah bagaimana agar bisa menempatkan sebuah situs di deretan atas pada halaman mesin pencari. Dengan demikian suatu situs yang mendapatkan posisi teratas pada halaman mesin pencari akan mendapatkan peluang paling besar untuk menarik pengunjung.

SEO masih dibagi menjadi dua bagian lagi, yaitu:

  1. SEO On Page, yaitu usaha optimasi terhadap tubuh website atau blog itu sendiri seperti pemilihan penggunaan judul, keyword, diskripsi, konten, keyword pada gambar, dll.

  2. SEO Off Page, yaitu usaha optimasi diluar tubuh website atau blog seperti promosi, penambahan backlink, daftar di blog direktori, dll yang semuanya dilakukan dengan banyak cara agar web atau blog kita bisa mendapatkan trafik dan juga diperhitungkan oleh mesin pencari.


Kok sepertinya perlu PDKT banget yah ama mesin pencari??? Tentu dong... Rata - rata para pengunjung (baru) bisa tahu atau masuk ke suatu website atau blog merupakan hasil tuntunan dari mesin pencari, contoh Google search, Yahoo search, MSN, dll. Kita bisa saja membawa pengunjung ke situs kita melalui promosi yang semuanya merujuk ke alamat situs kita, tapi perlu diingat bahwa 80% lebih (data dari mana nih???) calon pengunjung mencari informasi melalui mesin pencari. Apa jadinya kalau situs kita tanpa pengunjung?! Tentu sangat tidak bernilai situs yang susah - susah kita bangun bukan??? Kecuali kalau untuk dinikmati sendiri situsnya, ya lain cerita... hehehe...

Ok deh... Mungkin ulasan diatas bisa memberi gambaran apa itu SEO dan bagaimana pentingnya peran SEO di website atau blog kita. Semoga anda bisa tahu apa yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan website atau blog anda.

0 comments:

Post a Comment

 

Site Info

Ankenf Hacker
Seorang pelajar yang sedang belajar berbagi ilmu pengetahuan tentang segala hal yang menyangkut kewirausahaan, cara membuat blog, komputer, tips dan trik, dll.
Chat with me :

Text

Please.. No Porn & Don't Spam !!
Ankenf Hacker

Copyright © 2010 by Ankenf All Right Reserved.